h1

Pabrik Pegolahan Sampah Rumah Tangga Modern…Kota Kashihara-Jpn

January 24, 2010

Pada 2 July 2008..atas seizin bp walikota Kasihara Mr. Y. Morishita…kami diizinkan melihat fasilitas Pabrik Pengolahan Sampah Kota Kashihara. Pabrik  pengolahan sampah ini ada 4 macam..di 4 tempat..terdiri atas: Pengolahan sampah organik (sampah rumah tangga), sampah daur ulang (kaleng2, plastik dan kayu2), pabrik pengolahan sampah yg bs meleburkan sampah2 dari besi2 dan pengolahan limbah air. Pada kesempatan kali ini, saya akan men-share ttg pabrik pengolahan sampah organik dulu ya…..Namun, sblmnya akan sdkt sy ceritakan ttg kota Kashihara.

Dalam legenda Jpn..pd abad ke 7..dikisahkan bhw kaisar pertama di Jepang mulai menduduki singgasananya (bertahta) di ibukota Kashihara yg bernama Fujiwara-kyou ini. Shg di Kashihara dapat ditemui makam keluarga Kaisar (bbrp kaisar dimakamkan di sini), yg tiap tahunnya sll dikunjungi oleh keluarga kekaisaran Jepang.

Misi dari pemerintahan kota Kashihara sekarang adalah untuk menciptakan masyarakat yg bersimbiosis dg alam…shg menimbulkan keharmonian..

Pada saat sy berkunjung ke sana…pabrik pengolahan sampah ini baru beroperasi bbrp waktu (mhn maaf lupa persisnya). Dibangun dg biaya (kalo tk salah ingat) 6 milyar yen (krg lbh 600 milyar rupiah..waduhh..benar2 investment jangka panjang agar timbul keharmonisan dg alam ya..?). Namun yg bekerja di sana tidak sampai 35 orang saja….Hampir sy tdk percaya mendengarnya…Kebetulan bersama sy ikut bbrp siswa siswi dari sebuah sekolah di Jkt…dan mereka mengatakan…bhw jumlah yg jd OSIS anak2 ini sj masih lbh byk jumlahnya daripada yg kerja di pabrik ini…he..he..he…

Ternyata hampir seluruh Jepang…pengambilan sampahpun ada jadwalnya. Misalnya: Hari Senin dan Rabu hanya mengambil sampah rumah tangga saja, jd sampah spt kaleng2 ato plastik, harus menanti sampai dg jadwalnya tiba…Setiap keluarga sdh diberikan penyuluhan agar memisah-misahkan sampah2 tsb sblm diangkut oleh para petugas kebersihan. Disiplin tinggi, mau bekerjasama satu dan lainnya, patuh pd aturan, kerja keras serta tdk mementingkan diri sendiri di sini sangat nampak ya….

Nah…untuk selanjutnya bs dilihat dari bbrp dokumentasi berikut ini….

Inilah Pabrik Pengolahan sampah rumah tangga kota Kashihara. Luas area krg lbh  27.000m2, luas bangunan kurang lbh 17.000 m2. Kapasitas 85 tons/24 hours x 3 kali proses= 255 tons/24 hours

Terlihat truk2 pengangkut sampah tiba di gerbang pabrik..semua dpt di lihat melalui camera dlm gedung. Ternyata petugas kebersihannya cuma 1 org u/ 1 truk lho…

Truk yg telah tiba dlm pabrik..menumpahkan isi muatannya…Ternyata dibalik pintu2 besi ini ada wadah yg besarrr banget untuk menampung sampah2 organik td..

Tempat wadah sewaktu masih kosong…Dan ternyata..ketika hari itu sdh tidak memproses sampah…bak ini dibersihkan tiap hari lho…wah..rajin banget kan??

Dari ruang kontrol inilah…sampah organik diaduk2 dg giant machnine…Namun..walau ini pabrik sampah…namun tdk tercium bau yg tdk sedap sama sekali lho….Seluruh pabrik ini bersiiiihhh banget…

Sampah yg telah diaduk2 td….slth benar2 terproses bhw hanya sampah organik saja yg tersisa..(katanya melalui system sensor..jd bila terdapat besi ato plastik dsb tdk sengaja terbawa dlm sampah organik masy…maka akan terdeteksi…dan lgsg tersaring agar terpisah dari sampah organik yg akan diproses di tahap berikutnya, yaitu pembakaran…canggih banget..), sampah2 td akan dipindahkan dan dimasukkan spt ke dalam lubang2 besar spt foto di atas ini. Lubang ini menuju tempat pembakaran (incinerator)…yg panasnya bs mencapai 850 derajat C ato lebih..

Dalam proses pembakaran ini…maka akan timbul 2 hal:

1. Gas panas

2. Sisa pembakaran

Gas pembakaran akan dikirim ke suatu alat bernama Boiler yg fungsinya adlh mendinginkan gas panas tadi dan melalui bbrp tahap yg rumit…gas td dijadikan sumber tenaga listrik. Jd listik dlm pabrikpun adalah hasil gas panas sampah td…malah listriknya pun telah dinikmati oleh masyrkt sktr pabrik..

Sisa pembakaran, yg berupa debu, pasir2 logam akan diproses lagi…salah satunya menjadi keramik2 trotoar, keramik2 kamar mandi umum dsb….ampyuun canggih banget ya…

Inilah mesin Boiler td….

Ruang kontrol proses pembakaran sampah….

Di sekitar pabrik2 pengolahan sampah…beradius agak jauh dari rumah2 penduduk, sekolah, rumah sakit dsb….Jd jauh dari mana-mana…Dan untuk bs melihat tempat ini memang harus memhn izin pd pemda setempat…

Demikianlah sharingnya hari ini…Smg bermanfaat…Terimakasih

2 comments

  1. Hebat … kok bisa nggak keliatan sampahnya … Kalo dibandingkan dengan bantar gebang di Bekasi … jadi kayak apa perbandingannya yah … ???

    Oh iya … yang biaya pembangunannya itu … salah kali … Kan kalo 600 juta X 100 itu cuma 60 milyar rupiah … Kalo segitu sih masih murah dong … Buktinya beli mobil crown (kalo nggak salah harganya rp. 1,3 milyar yah … ???) buat para menteri & (mungkin juga) anggota DPR (yang jumlahnya ratusan) aja … kayaknya enteng aja tuh … Mungkin maksudnya 6 milyar yen kalee …😀


    • di rupiahin sekitar 600 milyar gitu dech..kalo ga slah ingat lhoo…



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: