h1

KAWASAN KANSAI (OSAKA)

October 23, 2010

Jepang adalah sebuah negara yang sangat maju dan terkenal. Beberapa kota di Jepang seperti Tokyo, Osaka, Kobe atau Hiroshima cukup dikenal oleh banyak orang. Namun demikian yang belum banyak diketahui berbagai kalangan di Indonesia (khususnya yang berada di wilayah bagian BARAT) spt Hyogo, Wakayama, Okayama dan Ehime relatif tidak dikenal.

Informasi tambahan : Kota-kota wilayah TIMUR Jepang yaitu seperti Nagoya, Tokyo, Yokohama, Nagano, Sendai, dan Sapporo.

Wilayah Barat meliputi tiga wilayah yaitu:

1. KANSAI

Di wilayah KANSAI terdapat kota-kota besar dan ternama antara lain OSAKA (Ibu Kota Prefektur Osaka), KOBE (Ibukota prefektur Hyogo), KYOTO (Ibukota prefektur Kyoto) dan NARA (Ibukota prefektur Nara).

Informasi tambahan : Jadi wilayah KANSAI mirip dengan Jabotabek, yang mana Jakarta dikelilingi kota Bogor, Tanggerang dan Bekasi. Sehingga JABOTABEK nya Jepang, yaitu Osaka (sbg Ibukotanya) yang dikelilingi oleh kota Nara, Kyoto, Kobe.

2.CHUGOKU

Sedang wilayah CHUGOKU terdapat kota yang sangat terkenal, yaitu HIROSHIMA (Ibukota Prefektur Hiroshima), yang merupakan salah satu dari dua kota di Jepang yang pada perang dunia ke dua dijatuhi bom atom.

3. SHIKOKU

Wilayah ke-tiga yaitu SHIKOKU di mana terdapat kota-kota besar seperti Takamatsu (Ibukota Prefektur Kagawa). Matsumaya (Ibukota prefektur Ehime) dan Kochi (Ibukota prefektur Kochi).

Dengan jumlah keseluruhan propinsi ada 17 prefektur.

KAWASAN KANSAI atau KINKI dengan Ibukota OSAKA

Luas wilayah : 1.892,76 Km2

Jumlah Penduduk : 8.804.806 jiwa

Ibukota Pemerintahan : OSAKA yg berpenduduk 2.247.294 orang, terdiri atas 33 SHI (CITY), 19 CHO/MACHI dan 1 MURA/SON (VILLAGE)

OSAKA adalah nama prefektur dan Ibukotanya sekaligus. Sejak didirikan sekitar 1.500 tahun yang lalu, kota OSAKA adalah kota bisnis yang sangat dinamis. Adalah Kaisar Nintoku di abad ke-4 yang memilih NANIWA (OSAKA) sebagai Ibukota Kekaisaran Yamato (Jepang), serta memulai etika bisnis yang berkembang hingga kini. Saat dipimpin oleh Shogun (Panglima) Toyomi Hideyoshi yang mendirikan Osaka Castle di abad ke-16, Osaka mencapai puncak kejayaan sebagai pusat komersial dan industri terkemuka Jepang.

Lokasi Osaka yang sangat strategis dan dialiri sungai-sungai yang menghubungkannya dengan kota-kota lain, sangat mendukung kegiatan komersialnya. Banyaknya sungai ini menimbulkan beberapa julukan tersendiri bagi Osaka, yaitu Kota Perairan (City of Water) dan Kota seribu Jembatan (City of a Thousand Bridges). Sungai terbesar yang ada di Osaka bernama Yodogawa.

Saat Shogun Hideyoshi berjaya, pelabuhannya dibanjiri para pedagang dari China dan Korea yang membantu memperkuat reputasinya di bidang ekonomi.

Hingga kini sifat masyarakat yang terbentuk dari sejarah perkembangan kotanya sebagai pusat perdagangan adalah masyarakat Osaka sangat menghargai waktu. Mereka bahkan beranggapan bahwa waktu adalah uang dan bila tidak bergegas maka hilanglah peluang dan pemasukan. Dalam dialek setempat, masyarakat kota Osaka menyapa satu sama lain dengan pertanyaan “Mokarimakka?” yang artinya “Banyakkah uang yang didapat?”

Walau Tokyo masih merupakan pusat kegiatan politik dan ekonomi, prefektur Osaka tetap menjadi salah satu pusat industri yang menghasilkan GRP (Gross Regional Product) yang lebih besar daripada GRP Kanada.

TEMPAT-TEMPAT TERKENAL YANG ADA DI OSAKA

BANDARA KANSAI (KIX)

Osaka tidak hanya identik dengan upaya menghasilkan uang sebanyak mungkin, namun juga memiliki banyak tempat menarik untuk dinikmati pemandangannya. Salah satu di antaranya adalah Bandar Udara Kansai (KIX) yang dibangun di atas laut dengan tanah reklamasi/pulau buatan dan di buka pada tahun 1994. Bandar udara ini merupakan satu-satunya yang beroperasi 24 jam di Jepa dan merupakan bandara di atas pulau buatan yang pertama di Jepang. Sejak tahun 2009 runway ke-2 telah selesai dan beroperasi.

Obsesi utama pengelola KIX adalah untuk menjadikannya sebagai pelabuhan udara papan atas dunia dengan membangun run-way ke tiganya…

OSAKA CASTLE DAN BUNGA SAKURA

Osaka-jo atau Osaka Castle merupakan salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi, baik oleh turis manca negara maupun oleh warga Jepang sendiri. Istana ini dibangun hanya dalam waktu tiga tahun oleh ratusan ribu pekerja. Bangunan yang ada saat ini merupakan replika dari yang asli dan selesai dipugar pada tahun1997. Kini merupakan sebuah museum yang menggambarkan sejarah dan kebudayaan kota Osaka.

Osaka Castle terletak di atas bukit di tengah-tengah kota Osaka dan dikelilingi taman rindang serta nyaman. Saat bunga Sakura berkembang (cherry blossom) di awal bulan April setipa tahunnya, taman-taman disekitarnya dipenuhi oleh masyarakat yang menikmati keindahan bunganya dengan berpiknik di bawah pohon Sakura atau di sebut dengan HANAMI.

KAIYUKAN AQUARIUM

Di sebelah barat prefektur Osaka terdapat Teluk Osaka (Osaka-wan/Osaka Bay) dan Tempozan Harbour Village. Wilayah ini merupakan areal pengembangan tepi laut yang patut dikunjungi. Di sini terdapat Kaiyukan Aquarium, satu akuarium terbesar di dunia yang menampilkan kehidupan mahluk laut di dalam Samudra Pasifik. Kompleks ini merupakan rumah bagi 35.000 jenis hewan yang mewakili 580 jenis species. Atraksi utamanya adalah tangki air besar yang sedalam 9 meter dan selebar 34 meter yang dapat memuat 5.000 ton air dengan dua ekor whale shark besar yang dapat berenang bebas di dalamnya. Di teluk Osaka ini pula terdapat Suntory Museum yang bersebelahan letaknya dengan akuarium yang menampilkan salah satu teater Imax terbesar dunia. Tidak jauh dari situ juga terdapat FERRIS WHEEL yang termasuk salah satu yang tertinggi di dunia (112 meter).

UNIVERSAL STUDIOS JAPAN

Seolah tak mau kalah dengan tempat hiburan yang ada di Tokyo, sejak 31 maret 2001 di osaka di buka Theme Park asal Amerika ke-dua di jepang. Menyusul debut dan keberhasilan Tokyo Disneyland. U.S ini membuka outlet pertamanya di luar Amerika pada lokasi industri tidak jauh dari pusat kota Osaka. Universal Studios Japan (USJ) ini menampilkan anjungan-anjugan yang menyuguhkan simulasi adegan-adegan film Amerika produksi US antara lain Jaws, Back to the Future, E.T, Back Draft, Water World serta Terminator 2 dalam bentuk 3 dimensi dan merupakan atraksi termahla di dunia dengan nilai US $ 70 juta.

Demikian sdkt sharenya…semoga bermanfaat….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: