h1

KASHIHARA-SHI ZYOUKA CENTRE (PABRIK PENGOLAHAN AIR LIMBAH MASRKT KOTA KASHIHARA)

November 1, 2010

Kashihara-shi Zyouka Centre adalah Pabrik tempat pengolahan air limbah masyarakat kota Kashihara diproses ulang menjadi air yang berkwalitas baik dan bersih sebelum dialirkan kembali melalui sungai-sungai yang melintasi kota Kashihara…

Air-air limbah masyarakat tersebut diperoleh dari :

1. Yang berasal dari rumah-rumah penduduk. Ada yang melaui tunnel-tunnel yang telah terpasang dari rumah penduduk langsung menuju pabrik pengolahan limbah air masyarakat dan ada juga yang akan diangkut dengan mobil2 khusus dinas kebersihan kota setempat pada jadwal-jadwal yang telah ditetapkan mekanisme oleh pemerintah daerah setempat. Biasanya rumah yang tidak memiliki tunnel langsung yang menghubungkan buangan air rumahnya dengan pabrik pengolahan limbah air ini, memiliki penampungan sementara. Dan memiliki pipa khusus yang harus dimiliki oleh tiap rumah tersebut dan berada di depan bagian samping rumah. Sehingga petugas kebersihan dengan mudah meng-aksesnya sesuai dengan jadwal yang telah diatur tanpa mengganggu kegiatan si pemilik rumah tersebut. Jadi air limbah masyarakat ini tidak langsung menuju sungai-sungai seperti yang sering kita temui di negara kita bukan?

2. Yang berasal dari bangunan bertingkat, spt rumah-rumah bersusuun. Contoh apartemen & mansion. Karena harga tanah di Jepang sangat mahal, maka sebagian besar masyarakat Jepang, khususnya orang-orang yang masih muda atau yang baru mulai bekerja, mereka bertempat tinggal di apartemen atau mansion. Biasanya satu bangunan rumah susun maksimal 10.000 buangan air.

3 Yang berasal dari bangunan-bangunan yang berasal dari satu wilayah SUPER BLOK (kumpulan bangunan-bangunan dalam satu area yang luas. Biasanya terdiri dari 20.000 sampai dengan 30.000 buangan air limbah).

Air limbah rumah tangga yang bisa ditangani oleh KASHIHARA-SHI ZYOUKA CENTRE ini hanya yang berasal dari limbah air rumah tangga yang no 1 dan 2 saja. Sedangkan yang berasal dari suatu wilayah SUPER BLOK (No 3) ada pabrik pengolahan air yang akan menangani dengan mekanisme yang berbeda. Mungkin di lain waktu kami dapat juga berkesempatan mendatangi pabrik pengolahan limbah rumah tangga yang khusus menangani air limbah yang berasal dari bangunan-bangunan SUPER BLOK ini.

Di dalam pabrik tersebut dapat kita melihat secara langsung sebuah laboratorium dan ruang kontrol mesin-mesin pengolahan air limbah yang sangat canggih dan modern, karena hanya dipisahkan dengan kaca besar tebal dan bening. Walau mesin2 itu sebenarnya mengeluarkan suara yang cukup bising, namun ruangan tersebut dibuat kedap suara sehingga tidak terdengar sama sekali kebisingan suara-suara yang dikeluarkan oleh mesin-mesin dalam memproses dan mengfilter ulang air limbah menjadi air bersih kembali.

Proses pemurnian air limbah menjadi air yang bening, bersih dan tidak berbau mengalami berbagai proses. yaitu:

1. Air kotor masuk ke dalam mesin. Melalui mesin tersebut ada di pisahkan menjadi dua elemen:

a. Yang masih berbentuk padat: Kotoran yang berupa benda padat ini akan di bakar dan airnya akan diendapkan lalu akan dikirim ke mesin yang akan mengolah elemen yang berbentuk cairan. Sedang sisa bakaran yang berupa butiran-butiran mirip debu atau pasir itulah yang akan dipakai untuk mereklamasi pantai-pantai Jepang, sehingga makin lama pantai Jepang makin bisa memiliki daratan yang lebih luas lagi. Luar biasa bukan?.

b. Yang berupa cairan: Kotoran yang berupa cairan tersebut akan mengalami proses mikro organisme di mana kuma-kuman yang terkandung dalam air kotor tersebut akan dihilangkan. Baru setelah itu akan masuk ke proses filterisasi atau proses pemurnian air. Setelah proses pemurnian air tersebut, air tersebut dianggap masih belum bersih, karena masih memiliki warna. Maka akan masuk ke dalam sebuah mesin untuk menjernihkan warna air tersebut. Ketika usai proses menjernihkan warna tersebut, air tersebut masih dianggap belum layak, karena masih memiliki bau. Nah..kembali air tersebut harus masuk ke sebuah mesin yang akan memproses penghilangan bau tersebut. Sungguh suatu proses yang memerlukan pemikiran yang sangat dalam dan detail.

Baru setelah semua proses pemurnian air limbah itu usai, kembali air akan di cek di laboratorium. Setelah pihak laboratorium menganggap dan memastikan air tersebut sudah menjadi air yang memenuhi standar air tersebut akan disalurkan melalui sungai-sungai, untuk selanjutnya akan diserahkan pada alam untuk memprosesnya lebih lanjut. Jadi bukan berarti air yang telah dari pabrik ini langsung akan didistribusikan dan diizinkan utuk diminum oleh masyarakat begitu saja…tidak…tetapi air bersih bekas limbah rumah tangga ini akan dikembalikan pada alam terlebih dulu. Maka tak heran bila kita melihat sungai-sungai di Jepang bening-bening dan bersih kan….? Sehingga habitat air di sungai dan di laut tetap terjaga. Sungguh suatu proses yang amat ramah dan bersahabat dengan alam bukan?

Seperti yang telah kebanyakkan kita ketahui proses alam adalah air yang berasal dari sungai atau laut akan menguap, mencapai titik jenuh sehingga akan menjadi air hujan….Nah…air hujan inilah yang akan di proses kembali di penampungan-penampungan air yang akan di sebar ke masyarakat..setelah melewati pengawasan yang amat sangat ketat.

Bumi semakin padat dengan milyaran manusia yang menempatinya. Sepertinya ga banyak pilihan ya…untuk manusia turut menjaga atau berjuang menjaga kelestarian bumi.

Ada seorang tokoh masyarakat Jepang, yang bernama Mr. KOMIYAMA Phd yang memiliki visi tentang bagaimana Jepang dapat berkontribusi terhadap kehidupan yang lebih bersahabat dengan alam.

Namun next time ya….hehehehe….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: