h1

RECYCLE-KAN KASHIHARA (PABRIK DAUR ULANG KOTA KASHIHARA)

November 2, 2010

Dahulu ketika orang akan mengurangi sampah limbah rumah tangganya, yang banyak dilakukan adalah dengan cara membakar sampah-sampah tersebut. Namun seiring dengan kamajuan zaman, jumlah sampah terus bertambah dan meningkat dengan sangat cepat berbanding lurus dengan pertambahan jumlah penduduk. Sampah pun kian beragam jenisnya. Contohnya, bila dulu, minuman soft drink kemasannya hanya terdiri dari botol kaca kini minuman soft drink kemasannya terbuat dari botol pet (plastik). Padahal botol pet ini jauh lebih sukar untuk bumi men-daur ulang secara alamiah.

Nah…pabrik yang didirikan 9 tahun yang lalu ini bertujuan untuk merecycle (mendaur ulang) barang-barang bekas tersebut kembali menjadi barang-barang yang bisa dimanfaatkan lagi untuk memenuhi kebutuhan manusia. Pabrik ini memakan biaya pembangunan sebesar 340 juta yen.

Tujuan pemerintah daerah Kashihara membangun pabrik ini 9 tahun yang lalu ada 3 hal utama:

1. REDUCE (MENGURANGI PEMBUATAN BARANG-BARANG YANG BERASAL DARI SUMBER ALAM)

Sebenarnya tanpa kita sadari bahwa banyak barang-barang yang sehari-hari kita pakai itu berasal dari sumber alam yang memerlukan puluhan bahkan jutaan tahun untuk alam bisa kembali menghasilkannya.

Contoh: Botol pet soft drink (botol plastik) itu terbuat dari minyak sawit. Nah..asal minyak sawit adalah dari biji-bijian pohon Sawit bukan..? Sedangkan ladang-ladang sawit makin lama makin berkurang jumlahnya. Atau, berbagai macam kertas yang sering kita gunakan..bahan dasarnya adalah dari kulit-kulit kayu…di mana bila kayu-kayu tersebut tersebut terus menerus dieksploitasi, sehingga hutan-hutan banyak yang mengalami kerusakan yang sekarang sering kita semua temui, maka kerusakan alam pun makin tak terhindarkan.

2. REFUSE (MEMANFAATKAN BARANG BEKAS SUPAYA BISA DIPAKAI LEBIH LAMA/AWET)

Melalui paparan yang dijelaskan oleh pengelola pabrik ini, ternyata banyak barang-barang yang telah dianggap tidak lagi bermanfaat, ternyata dengan sedikit perbaikan atau sedikit ber-inovasi, barang-barang tersebut ternyata dapat kembali dimanfaatkan.

Contoh: Ada sebuah sepeda tua yang telah dibuang pemiliknya dan kemudian diperbaiki dan ditukar beberapa komponen atau bagian sepeda tersebut dengan berbagai suku cadang yang juga bekas dari sepeda-sepeda yang lain…Sim salabim…wow…sepedanya jadi keren lagi…dan di jual lagi ke publik dengan harga mulai dari 3.000 yen s/d 10.000 yen….Dan amat laku dibeli oleh masyarakat sekitar pabrik ini. Sepeda-sepeda itu kemudian dimanfaatkan oleh pemilik barunya untuk berbagai keperluan hidup mereka kembali.

Atau ada juga sofa set yang sudah diperbaiki hanya berharga 5.000 yen..padahal kalau beli baru dengan model yang mirip-mirip minimal harganya 25.000 yen. Luar biasa…

3. RECYCLE (MENDAUR ULANG)

Barang-barang yang dapat didaur ulang di pabrik ini, antara lain:

1. Pet Botol (segala botol yang terbuat dari plastik)
Setelah pet botol mengalami proses pembersihan & pengepresan (shg gepeng menjadi kumpulan tumpukan-tumpukan pet botol gepeng) lalu dikirim ke pabrik yang akan mengolah lebih lanjut. Seperti ke pabrik yang bisa membuat pet botol ini menjadi benang yang kemudian akan menjadi baju. Contohnya, ternyata semua petugas yang bertugas di pabrik ini dan banyak baju-baju dinas dari instasi lain yang baju seragamnya ternyata berbahan dasar pet botol ini.

Atau dikirim kembali ke pabrik-pabrik yang bisa mengolah kembali pet-botol bekas ini kembali menjadi pet botol baru.

Perusahaan-perusahaan itu membeli tumpukan pet-pet botol bekas ini seharga 20.000-30.000 yen/tonnya.

2. Kaleng (segala macam kaleng)

Prosesnya sama seperti pet botol. Harga jual kaleng yang telah di daur ulang ini adalah 130.000 yen/ton. Sungguh nilai yang masih memiliki nilai jual tinggi bukan?

3. Besi (segala macam besi yang berasal dari sepeda, lemari bekas dan alat rumah tangga lainnya)

Setelah mengalami proses daur ulang seperti pet botol dan kaleng. Maka besi-besi yang masih bisa bermanfaat, seperti sekrup & potongan2 besi dijual kembali ke masyarakat (pabrik-pabrik yang akan mengolah proses selanjutnya) seharga 200.000 yen/tonnya. Fantastis….!!!

Dijelaskan juga bahwa jumlah tumpukan sampah yang 46.267 ton/……. (lupa) yang baru bisa dimanfaatkan adalah baru 50 % nya saja. Sedang 50 % nya masih tersimpan dalam gudang-gudang penyimpanan pabrik tersebut. Apa jadinya bila di tahun mendatang Jepang sudah bisa mem-proses (men-daur ulang) seluruh sampah-sampah tersebut menjadi hal-hal yang seluruhnya dapat di manfaatkan kembali untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya?

Nah..hal tersebut terkait dengan tulisan berikutnya. Yang mana ada seorang tokoh masyarakat Jepang, yang bernama Mr. KOMIYAMA Phd yang memiliki visi tentang bagaimana Jepang dapat ber-kontribusi terhadap kehidupan yang lebih bersahabat dengan alam.

2 comments

  1. harus kamana lg nie buang sampah?


  2. duh…makin fall in luph aja nih ka jepang….



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: