h1

VISI 2050 TTG TEHNOLOGI YG HARUS DIKUASAI JEPANG

November 13, 2010

Pertama kali mendengarnya…saya benar2 terperanjat….Apa…? Visi 2050…? Luar biasa….!!! Benar2 seseorang yang visioner bukan…? Yach…itu lah yang disampaikan dari seorang tokoh masyarakat Jepang Mr.Prof. KOMIYAMA yang berlatar belakang pendidikannya chemical engeenering ini memiliki visi tentang bagaimana Jepang bisa menjadi SEBUAH NEGARA YANG BERMARTABAT, maka Jepang harus menguasai tehnologi yang dapat mengatasi permasalahan dalam kehidupan manusia secara umumnya.

Bagaimana caranya? Yaitu dengan menguasai tehnologinya.

Permasalahan manusia di abad ke-21 didefinisikan sebagai berikut:

1. Menurunnya kondisi lingkungan alam global

2. Peningkatan jumlah penduduk

3. Meningkatnya perbedaan kondisi ekonomi antara negara maju dan negara berkembang

4. Daya tahan untuk mempertahankan kehidupan masyarakat itu sendiri

Untuk mengatasi tantangan ini, solusinya menurut Mr.Prof.KOMIYAMA, bahwa sistem pendidikan nasional di Jepang harus di REFORMASI dan PENGUASAAN ILMU PENGETAHUAN SERTA TEHNOLOGI YANG DISAMPING MEMBANGUN EKONOMI JEPANG JUGA BERKONTRIBUSI THD LINGKUNGAN ALAM YANG LEBIH BAIK.

Maksud dari reformasi pendidikan adalah dunia pendidikan harus lebih mampu mendidik individu-individu atau generasi yang lebih mampu memahami sejarah peradaban manusia dan mampu berpikir secara strategis dalam menghadapi permasalahan di masa datang.

Sedang penguasaan ilmu pengetahuan serta tehnologi adalah untuk mengembangkan tehnologi yang dipakai oleh masyarakat, sehingga menghasilkan lingkungan alam yang bersahabat. Beberapa contoh yang dikemukakan Beliau memberi harapan bahwa tehnologi di masa mendatang memang akan dapat dicapai di masa depan yang tidak terlalu lama lagi. Bukan hanya mimpi semata lagi.

Contoh 1 : Pemakaian bahan bakar untuk kendaraan bermotor di Jepang dan sudah menyebar ke berbagai belahan dunia lain sudah dapat dikurangi lebih dari separuh dibandingkan 20 tahun yang lalu melalui penguasaan tehnologi mobil-mobil hybrid. Di masa depan di duga akan lebih efisien lagi. Sehingga penggunaan bahan bakar minyak untuk kendaraan bermotor, makin berkurang pemakaiannya, sehingga lingkungan alam pun akan semakin baik dan bersih (bersahabat dengan alam).

Contoh 2: Tehnologi RECYCLE di Jepang sudah maju sedemikian pesat. Sehingga kini RECYCLE sumber daya MINERAL yang berupa besi, seng, asbes dan lain-lain sudah dapat di daur ulang. Di Jepang sekarang memang belum mampu me-recycle keseluruhannya. Harapannya pada tahun 2050 Jepang telah mampu me-recycle seluruh kebutuhan sumber daya mineralnya. Mineral bekas pakai diproses ulang kembali menjadi Mineral yang siap digunakan kembali. Bila benar demikian, berarti Jepang di tahun 2050 tidak perlu lagi mengambil sumber mineral baru dari seluruh pertambangan-pertambangan yang ada di dunia.

Dari sedikit share Beliau ini, harapannya bahwa masyarakat dan generasi-generasi yang ada di Indonesia pun dapat makin berkontribusi bersama-sama dengan masyarakat dunia lainnya.

Bila ingin mengetahui lebih dalam lagi, dapat dicari di e-book…Japan Vision 2050…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: