h1

PERBEDAAN PROSES PENGOLAHAN SAMPAH DI JEPANG & AMERIKA

November 19, 2010

Pagi ini tgl 19 Nov 2010 dalam discovery channel ditayangkan proses pengolahan sampah RT di Amerika. Melalui tayangan singkat tersebut ada sedikit perbedaan dalam memproses sampahnya, terutama pada pengolahan sampah organiknya.

Di awali dengan datangnya dua unit mobil pengangkut sampah ke sebuah kompleks perumahan. Di mana di depan rumah-rumah tersebut telah ada dua unit tempat sampah besar, yang tertulis sampah organik dan sampah bukan organik. Satu unit mobil pengangkut sampah untuk mengangkut sampah2 basah. Sedang satu unit mobil sampah untuk mengangkut sampah-sampah non organik.

Perbedaannya dengan Jepang yaitu, jadwal pengangkutan sampah organik dan non organik tidak dilakukan pada hari yang sama. Dan juga sampah di Jepang terbagi atas 3 jenis, yaitu

1. Sampah-sampah yang basah yang hanya berisi sampah sisa-sisa makanan, sisa-sisa potongan sayur-mayur dan sampah organik (seperti kertas-kertas, tissue dan bekas dos-dos kecil bekas sabun cuci dsb)

2. Sampah-sampah dari plastik, spt kantong-kantong yang terbuat dari plastik, dan pet botol plastik

3. Sampah-sampah yang terbuat dari kaca dan besi

Di Amerika usai pengangkutan dari rumah penduduk dilakukan…ke-dua unit mobil pengangkut sampah tersebut langsung menuju pabrik pengolahan sampah. Sampah organik menuju gerbang pengolahan sampah organik sedang sampah non organik di bawa ke bagian gedung yang lain tetapi masih di dalam area yang sama.

Sedang di Jepang, pabrik pengolahan sampah rumah tangga, sampah yang terbuat dari plastik dan sampah yang terbuat dari kaca dan besi semua berada di tempat yang berbeda-beda. Pengangkutan pengambilan sampah sperti yang telah dijelaskan sebelumnya pun berbeda-beda. Masyarakat telah diberikan pengarahan oleh pemerintahan daerah masing-masing untuk memilah sampah-sampah tersebut dari rumah, sebelum di serahkan pada petugas sampah dengan kantong plastik sampah khusus yang berbeda-beda jenis pula.

Sesampainya unit mobil pengangkut sampah di pabrik, maka sampah masuk ke dalam sebuah gudang besar dan sampah2 tersebut di bongkar di sana, sehingga kita dapat melihat sampah bertumpuk-tumpuk di dalam gudang tersebut. Kondisi ini berbeda dengan di Jepang…truk pengangkut sampah tersebut membongkar muatannya di dalam gudang, tetapi sampah tersebut langsung di cemplungkan ke dalam sebuah bak yang supeeeeerrrr besar dan kedalamannya bisa puluhan meter dari permukaan tanah.

Proses berikutnya, bila di Amrik, sampah yang bertumpuk itu dengan alat berat lalu di bawa untuk ditumpahkan ke roller rel (spt biasa kita lihat di resto-resto Jepang yang menyediakan sushi). Di sana telah berdiri tenaga manusia untuk memilah-milah sampah tersebut. Sampah organik di biarkan lewat, tetapi sampah yang terbuat dari plastik atau benda yang tidak sengaja terbawa akan dipisahkan secara manual. Sementara di Jepang, sampah yang telah masuk ke dalam bak besar tersebut, akan diaduk-aduk dengan mesin pengaduk yang super besar banget. Sambil diaduk-aduk itulah..mesin-mesin sensor akan memilah sampah-sampah yang tak sengaja terbawa keluar dari bak besar itu. Bisa terlihat dengan jelas mesin sensor akan menarik keluar sampah spt plastik, kaca bahkan besi yang masih tercampur dengan sampah organik sebelumnya.

Selanjutnya…Sampah-sampah organik akan diproses dengan sebuah mesin menjadi butiran-butiran sampah..mirip dengan pasir. Hasil sampah ini akan di bawa dengan giant truck ke sebuah tempat padang pasir luas di Amrik sana. Sampah2 organik ini akan dikubur, diberikan suatu zat sehingga sampah-sampah tersebut tidak akan dibongkar oleh binatang-binatang liar yang mungkin melintasi daerah tersebut, setelah itu baru di tutup dengan tanah. Sampah2 yang terkubur di tanah itu tetap akan mengeluarkan energi panas. Sehingga di tempat tersebut sering ada sebuah pabrik yang tugasnya mengolah energi panas yang dihasilkan oleh penimbunan sampah dapat dimanfaatkan.

Sementara di Jepang, sampah-sampah organik langsung menuju sebuah proses pembakaran sampah dengan suhu yang amat tinggi yang berada ratusan meter di bawah tanah di dalam pabrik tersebut. Hasil dari proses pembakaran sampah tersebut adalah berupa butiran-butiran yang mirip dengan pasir. Nah, butiran-butiran yang mirip pasir inilah yang akan di bawa ke sebuah pabrik untuk proses pembuatan paving block untuk walking area, rest area dan bahu-bahu jalan di Jepang. Butiran-butiran pasir ini jualah yang dimanfaatkan utnuk memperluas dataran Jepang, dengan sebuah tehnologi canggih, di mana tehnologi tersebut dapat membuat daratan baru di tengah-tengah laut. Contohnya: seperti lapangan udara yang ada di Osaka. Di mana bandara tersebut berada di tengah laut dengan daratan buatan. Juga bisa di lihat di banyak tepi laut di Jepang kegiatan proses pelebaran daratan ini. Sedang energi panas yang dihasilkan oleh pembakaran sampah jauh di dalam perut bumi itu langsung dijadikan sumber tenaga listrik untuk kebutuhan pabrik itu sendiri dan masyarakat di sekitar pabrik.

Sedang untuk pengolahan sampah non organiknya kurang lebih sama.

Di mana sampah non organik tersebut setelah pembongkaran muatan, penyortiran maka sampah non organik dipisahkan berdasarkan jenisnya (Kertas-kertas, kayu-kayu (spt sumpit), plastik-plastik, kaca-kaca dan besi-besi). Setelah itu sampah-sampah yang telah tersortir berdasarkan kategorinya akan dipress dengan sebuah mesin khusu untuk bisa di bawa dengan mobil-mobil container besar untuk di bawa ke pabrik lanjutan untuk proses daur ulang.

Demikian sedikit sharenya…Smg bermanfaat…Trmksh

3 comments

  1. pupuk organik yang dihasilkan sudah baik dan memenuhi standart pupuk organik nasional. Proses produksi pupuk organik granule beserta showroom KUB ORSOLINDO dilakukan di Wonorejo, Karanganyar atas dasar pertimbangan lokasi berada di pinggir jalan besar, penduduknya tidak terlalu padat, dekat dengan kawasan industri dan mudah dijangkau alat trasportasi. Untuk kapasitas perharinya KUB Orsolindo mampu membuat pupuk organik granule sebanyak 1 ton. Saat ini KUB ORSOLINDO sedang melakukan kerjasama dengan PT. ATMI BizDEC (Business Development and Ethics Center) dan PT. Unitek Borneo Balikpapan untuk pengiriman pupuk organik granule sebagai bahan utama reklamasi tanah bekas pertambangan di Kalimantan Timur

    http://www.orsolindorganik.com
    organik, pupuk, pupuk organik, nutrisi pakan, pakan ternak, organic, fertilizer, food nutrition, biotech, inti organik, kompos


  2. ada ndak contoh tungku pembakaran sampah dari jepang


    • Sampah2 itu memang dibakar. Tetapi sayangnya krn letak tungkunya ditanam jauh di dlm tanah, jd tdk bs dilihat lgsg oleh para pengunjung pabrik pengolahan sampah kota Kashihara…



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: