h1

SINOPSIS CERITA ANAK: KAGUYAHIME

December 7, 2010

Putri Kaguya cerita rakyat Jepang yang tertua. Kisah seorang anak perempuan yang ditemukan kakek pengambil bambu dari dalam batang bambu yang bercahaya.

Cerita diperkirakan berasal dari awal zaman Heian. Di dalam Man’yōshū jilid ke-16 lemma …3791 terdapat chōka (prosa panjang) berjudul Taketori no Okina (Kakek Pengambil Bambu) yang mengisahkan seorang wanita dari kahyangan (tennyo). Kisah ini diperkirakan ada hubungannya dengan kisah Putri Kaguya yang juga dikenal sebagai Taketori no okina no monogatari (Kisah Kakek Pengambil Bambu).

Pada Zaman dahulu, hiduplah seorang kakek bersama istrinya yang sudah tua. Sang kakek bekerja sebagai pengambil bambu dan akan dijadikan barang-barang. Pada suatu hari, sang kakek menemukan bambu yang pangkalnya bercahaya,lalu ia memotongnya dan keluarlah seorang anak permepuan berukuran 9cm namun manis dan lucu. Sejak saat itu, ketika sang kakek mengambil bambu pasti selalu menemukan emas didalam bambunya hingga lama kelamaan sang kakek dan istrinya pun menjadi kaya.Dalam 3 bulan, anak perempuan yang dibesarkan tumbuh menjadi seorang putri yang sangat cantik. Kecantikan putri ini sulit ditandingi, begitu cantiknya sehingga perlu diberi nama. Orang-orang menyebutnya Putri Kaguya.

Putri Kaguya dirancanakan untuk dinikahkan dengan seorang laki-laki, namun tidak seorang lelaki pun yang diterima olehnya. Pada akhirnya hanya 5 orang lelaki yang masih bertahan menunggu agar diterima oleh Putri Kaguya. Akhirnya Putri Kaguya memutuskan untuk menerima salah satu dari mereka apabila salah satu dari mereka bisa memberikan barang-barang yang diinginkan oleh putri kaguya. Namun Tak satupun lelaki yang berhasil membawakan barang yang diinginkan Putri Kaguya.

Berita tersebut terdengar sampai ke telinga kaisar, dan membuta kaisar ingin bertemu langsung dengan Putri Kaguya. Namun Putri Kaguya selalu menghindari agar bertemu dengan kaisar.

Ketika musim gugur tiba, Putri Kaguya setiap malam memandangi langit sambil menangis. Semakin dekat ke bulan 8 tanggal 15 september, tangisan Putri Kaguya makin menjadi jadi. Akhirnya Putri Kaguya menjelaskan kepada Kaisar bahwa sebenarnya dia adalah orang bulan, dan pada bulan 8 tanggal 15 itu orang bulan akan datang untuk menjemput Putri Kaguya. Sang Kaisar pun lalu mengirim pasukan untuk menjaga Putri Kaguya agar tidak bisa dijemput oleh orang-orang bulan. Namun usaha Kaisar gagal dan Putri Kaguya pun dijemput oleh orang-orang bulan. Orang-orang bulan itu pun menjelaskan bahwa sebenarnya Putri Kaguya itu sedang menjalani hukuman ke bumi.

Sebagai tanda mata, Putri Kaguya memberikan obat hidup kekal kepada kaisar. Namun tanpa Putri Kaguya, kaisar tidak merasa perlu hidup selama-lamanya. Diperintahkannya obat tersebut untuk dibakar di Suruga, di atas puncak gunung tertinggi di Jepang. Gunung tersebut kemudian disebut “Fushi no Yama,” dan akhirnya disebut “Fujiyama” (Gunung Fuji). Obat yang dibakar di atas gunung kabarnya membuat Gunung Fuji selalu mengeluarkan asap hingga sekarang.

~THE END~

3 comments

  1. cerita yang menarik ..


  2. ini cerpen nya karya siapa ya? trus ada brapa page? bisa di dapet di toko buku mana? makasih🙂



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: